Masuk ke Dunia Anak SD

Tembok, 21-22 Januari 2013 Tim KKN UNDIP mengadakan sosialisasi NAPZA (Narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya) dan sosialisasi PHBS (Perilaku Hidup Bersih dan Sehat). Sosialisasi dilaksanakan di SD Tembok 1 dan SD Tembok 2. Sosialisasi hari pertama yaitu tanggal 21 dilakukan di SD Tembok 1, dilanjutkan tanggal 22 di SD Tembok 2. Di kedua SD sosialisasi dimulai Jam 09.00. sosialisasi PHBS yang pesertanya siswa-siswi kelas 1 dan kelas 2. Sedangkan di SD Tembok 2 pesertanya anak kelas 1, 2, dan 3. Hal yang pertama yang dilakukan untuk membangkitkan antusias mereka adalah menyanyi bersama-sama, lagu yang dinyanyikan berjudul “Bangun Tidur”.

Antusiasme dan candaan mereka membuat suasana menjadi riang gembira. Sosialisasipun dimulai dengan presentasi dan pemutaran film. Anak – anak terlihat sangat menikamati film yang ditampilkan. Kemudian sesi menonton film berakhir dan saatnya tanya jawab, ternyata banyak anak – anak yang mengangkat tangan sebagai tanda sosialisasi yang dilakukan dapat menarik perhatian. Kemudian 2 anak maju ke depan untuk memperagakan cara menggosok gigi dan cuci tangan yang benar dan sebagai ucapan selamat atas keberanian mereka hadiah pun dikeluarkan…

Selanjutnya adalah praktek gosok gigi dan cuci tangan. Dengan sangat tertib anak-anak mengantri untuk mendapatkan giliran. Di SD Tembok 1 praktek dilakukan di mushola, sedangkan di SD Tembok 2 dilakukan gosok gigi dilakukan di lapangan terbuka dan cuci tangan di kamar mandi.

Antrian Praktek Gosok Gigi dan Cuci Tangan di SD Tembok 1

Praktek Gosok Gigi di SD Tembok 2

Sedangkan sosialisasi NAPZA di kedua SD pesertanya adalah anak kelas 4, 5, dan 6. Sosialisasi dimulai jam 11.00, presentasi dan pemutaran film pun dimulai. Walaupun berbeda dengan anak kelas 1, 2, dan 3 yang sangat lugu dimana anak kelas 4, 5, dan 6 yang terkesan agak nakal. Tetapi mereka tidak kalah antusias mengikuti jalannya sosialisasi. Antusias mereka untuk menjawab pertanyaan sangat besar, bahkan berebutan.

Suasana Sosialisasi NAPZA di SD Tembok 1

Suasana Sosialisasi di SD Tembok 2

Berakhirnya sosialisasi yang sangat seru, diakhiri foto bersama dengan anak – anak SD Tembok 1 dan SD Tembok 2.

Kebersamaan di SD Tembok 1

Kebersamaan di SD Tembok 2

Sumber : http://desatemboklimpung.blogspot.com/2013/02/masuk-ke-dunia-anak-sd_9.html

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan