Pundi – pundi uang dari Sampah dan Kotoran Sapi yang Bermanfaat Untuk Pertanian

Jumat, 1 Februari 2013 kemarin, Tim I KKN Undip 2013 desa Tembok melaksanakan penyuluhan dan praktek tentang pengolahan sampah kepada kurng lebih 40 warga dukuh Cendono Kidul. Kegiatan ini bertempat di ruangan yang biasa difungsikan sebagai kelas PAUD. Pengolahan sampah yang disosialisasikan dikhususkan pada bagaimana memanfaatkan sampah organik menjadi pupuk kompos. Hal ini dilakukan berdasarkan kondisi bahwa pengelolaan sampah di dukuh Cendono Kidul pada khususnya dan desa Tembok pada umumnya belum berjalan dengan baik. Selain itu, sebagian besar warga Cendono Kidul memiliki hewan ternak seperti kambing dan sapi yang kotorannya tidak dimanfaatkan.

Suasana Sosialisasi Pembuatan Pupuk Kompos

Kegiatan berlangsung sekitar pukul satu siang, diawali dengan penyuluhan berupa penyampaian informasi mengenai pengelolaan sampah secara umum dan teknik komposting oleh tim KKN. Setelah itu, bersama-sama dengan warga yang diundang, tim KKN melakukan praktek pembuatan kompos dengan alat dan bahan yang telah disiapkan sebelumnya. Adapun bahan yang digunakan adalah dedaunan kering serta kotoran ternak yang diperoleh dari warga setempat.

Praktek Pembuatan Pupuk Kompos

Para warga, khususnya bapak-bapak, terlihat antusias memperhatikan bagaimana tim KKN mempraktekkan cara mengolah sampah organik menjadi pupuk kompos. Setelah selesai, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara warga dan tim KKN seputar pembuatan kompos. Kegiatan ini diakhiri dengan foto bersama warga dan tim KKN.

Kebersamaan bersama warga dukuh cendana kidul

 

Sumber : http://desatemboklimpung.blogspot.com/2013/02/pundi-pundi-uang-dari-sampah-dan.html

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan