KTP

Syarat dan Prosedur Membuat e-KTP Baru

cara membuat KTP

Dokumen wajib yang penting untuk dimiliki semua orang indonesia adalah KTP, walaupun banyak orang yang sedikit mengabaikan ini makanya banyak orang juga tidak memilikinya. KTP ( Kartu Tanda Penduduk ) harus kamu miliki ketika kamu sudah beranjak umur 17 tahun tidak peduli kamu berasal dari daerah mana selama kamu berada di indonesia kamu harus memiliki KTP.

KTP juga berguna saat mengurus dokumen lain seperti membuat SIM dan paspor, saat kamu membuat dokumen tersebut kamu harus melampirkan KTP juga sebagai syarat. Sebelum masuk ke subjudul cara membuat KTP mari kita lihat dahulu fungsi dari KTP itu sendiri berikut beberapa diantaranya:

  • KTP berfungsi sebagai indentitas kamu sebagai penduduk indonesia.
  • KTP bisa dijadikan jaminan saat kamu meminjam uang.
  • KTP dapat digunakan sebagai alat indentifikasi kamu saat mengalami kecelakaan atau musibah lain.
  • KTP digunakan sebagai syarat kamu mengikuti pemilu.
  • KTP adalah syarat wajib pengajuan KPR.
  • KTP juga berguna sebagai syarat pengajuan kartu kredit dan pembukaan rekening di bank.
  • Dengan menggunakan KTP ini berarti kamu sudah membantu pemerintah berpartisipasi untuk melakukan pembangunan nasional, karena dengan KTP kamu wajib membayar pajak.
  • Tanpa KTP kamu akan mendapatkan hukuman administratif yaitu kamu tidak mendapatkan layanan gratis yang diberikan pemerintah misalnya seperti layanan kesehatan yang di selenggarakan oleh BPJS.
  • KTP merupakan syarat wajib yang harus disertakan saat kamu ingin menikah.

Masih banyak fungsi KTP yang mungkin tidak tertera di atas, Nah setelah mengetahui alasan penting kenapa kamu membuatnya berikut adalah cara membuat e-KTP baru yang dapat kamu lakukan di kelurahan terdekat.

Syarat dan prosedur membuat e-KTP

syarat dan prosedur pembuatan KTP
syarat dan prosedur pembuatan KTP

Syarat penerbitan KTP lama atau e-KTP baru

  • Telah berusia 17 tahun.
  • Surat Pengantar RT/RW.
  • Fotokopi KK.
  • Fotokopi Akta Kelahiran
  • Surat Keterangan Pindah yang diterbitkan oleh pemerintah Kabupaten/Kota dari daerah asal.
  • Surat Keterangan Datang dari Luar Negeri yang diterbitkan oleh Instansi Pelaksana bagi WNI yang datang dari Luar Negeri karena pindah.
  • Datang langsung untuk di foto (E-KTP) atau melampirkan pas foto terbaru ukuran 3×4 sebanyak 2 lembar (KTP Lama)

Syarat perpanjang KTP :

  • KTP yang telah habis masa berlakunya
  • Surat pengantar RT/ RW
  • Fotokopi KK
  • Formulir permohonan perpanjang KTP

Apa saja data yang akan di isi?

  • Nama
  • Tempat/Tgl Lahir
  • Jenis Kelamin
  • Alamat
  • Agama
  • Status Pekerjaan
  • Kewarganegaraan
  • Berlaku Hingga
  • Foto
  • Tanda Tangan
  • NIK

Bagaimana prosedur yang akan kamu lakukan saat membuat KTP? mari kita bahas beberapa langkah yang perlu kamu ketahui.

Prosedur pembuatan dan perpanjang e-KTP

  • Datanglah ke kecamatan / kelurahan pada pagi hari : untuk menghindari antrian saat membuat atau memperpanjang KTP kamu dapat datang lebih pagi ke kelurahan. Lalu berikan berkas dokumen ke petugas di loket dan kamu akan mendapatkan nomor antrian.
  • Pengambilan data : Setelah nomor antrian dipanggil maka inilah saatnya pengambilan data kamu, awal biasanya kamu akan difoto, pengambilan tanda tangan digital, perekam data sidik jari, scan retina mata.
  • Proses pelengkapan data akan berlangsung selama 15 menit dan proses pembuatan akan berlangsung paling lama 14 hari atau 2 minggu setelah kamu mengikuti semua persyaratan di atas.

Sumber : https://www.sepulsa.com/blog/syarat-dan-prosedur-membuat-ktp-baru

Cara Mengurus Penerbitan KTP yang Hilang

cara mengurus KTP yang hilang

Sebagai dokumen paling wajib yang kamu harus miliki, KTP ( Kartu Tanda Penduduk ) akan kamu gunakan untuk mendapatkan banyak layanan yang diberikan oleh pemerintah. Misalnya saja KTP wajib kamu sertakan saat kamu ingin membuat SIM ( Surat Ijin Mengemudi ) atau saat kamu ingin menjadi member BPJS, tanpa KTP kamu tidak akan mendapatkan layanan tersebut.

Penduduk Indonesia akan memiliki  Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang tercantum pada KTP. NIK merupakan identitas tunggal setiap penduduk dan berlaku seumur hidup, NIK yang terdapat pada KTP akan dijadikan dasar untuk memproses penerbitan berbagai dokumen penting lainnya, misalnya Paspor, Surat Izin Mengemudi (SIM), Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), Sertifikat Tanah, dan dokumen penting lainnya.

Oleh karena itu saat KTP kamu hilang maka banyak layanan yang tidak bisa kamu gunakan, lalu bagaimana cara mengurus penerbitan KTP yang hilang.

Syarat dokumen yang di bawa saat mengurus KTP yang hilang

  • Surat keterangan kehilangan kepolisian.
  • Fotocopy kartu keluarga.
  • Surat pengantar RT/RW

Langkah / prosedur mengurus KTP yang hilang

melapor ke kantor polisi
melapor ke kantor polisi

Melapor ke kantor polisi

Pertama kamu harus datang ke kantor polisi terdekat dimana kalian merasa KTP dan dokumen lain yang hilang, banyak sekali pos polisi berada jika kamu merasa kehilangan di dalam mall atau pasar maka segera cari pos polisi terdekat. Tetapi kalo kamu baru sadar KTP kamu hilang saat kamu berada di rumah maka kamu dapat mengurus surat kehilangan di POLSEK terdekat dari wilayah rumahmu. Sebelum melapor ke kantor polisi terdekat  ada baiknya kamu membuat surat pengantar kehilangan dari RT / RW dengan menyertakan fotocopy dari dokumen yang hilang.

Datang kembali ke RT/RW

Selanjutnya kamu harus datang ke RT/RW terdekat untuk mengurus KTP yang hilang, kamu akan mendapat surat pengantar dari mereka untuk menerbitkan KTP baru.

Pergi ke Kelurahan/Kecamatan

penerbitan KTP yang hilang
penerbitan KTP yang hilang

Datanglah ke kelurahan untuk mengurus KTP kamu yang hilang, jangan lupa untuk membawa dokumen yang telah disebutkan di atas yaitu Surat Keterangan Kehilangan Kepolisian, Fotocopy Kartu Keluarga dan Surat Pengantar RT/RW.

  • Serahkan semua berkas di atas ke petugas.
  • Jika ada antrian maka kamu harus meminta nomor antrian kepada petugas.
  • Mengisi formulir pengajuan KTP baru.
  • Setelah itu sama seperti pembuatan KTP baru kamu akan mengikuti langkah pengambilan data. Kamu akan mengikuti perekaman sidik jari, melakukan tanda tangan digital, melakukan sesi foto, perekaman retina mata.
  • Pengambilan KTP dapat kamu lakukan 14 hari setelah kamu melakukan pendaftaran.
  • Sebenernya pengurusan KTP yang hilang tidak dikenakan biaya sedikitpun alias gratis, tetapi saat kamu mengikuti semua proses di atas mungkin kamu akan dikenakan biaya tergantung dari kebijakan masing-masing departemen.

Sumber : https://www.sepulsa.com/blog/ktp-hilang

Facebook Comments